SELAMAT DATANG DI BLOG "AYU FRIDA SARI"

Jumat, 21 Maret 2008

HUB SWITH 3 COM

Untuk membagi koneksi di jaringan aku menggunakan 2 merk HUB 3COM dan PROLINK. Awalnya aku menggunakan tricom 8 port berhubung semakin tingginya aktifitas dan bertambahnya komputer yang terkoneksi ke server aku menambah hub baru prolink 16 port. Kebetulan di kantor aku bekerja letak komputernya tidak semua berada dalam 1 gedung, sebagian ada di gedung lain dengan jarak 100-300 meter kabel. Untuk komputer dalam 1 gedung tidak ada masalah dengan koneksinya semua stabil. Tetapi untuk komputer yang berada dalam jarak lebih dari 100 meter ini menjadi masalah, koneksi data menjadi sangat lambat.

Ini bener-bener membuat saya pusing salahnya dimana? saya cari tutorial di internet, tanya sana tanya sini, dari semua itu aku simpulkan bahwa “untuk jaringan dengan kabel koneksi efektif jarak nya 100 meter” meskipun begitu aku tidak putus asa. Akhirnya aku mulai berexperimen trial and error.

Untuk komputer dengan jarak 100 meter lebih aku menggunakan hub 3Com hasilnya sangat menggembirakan, ternyata hub tricom support lebih dari 100 meter, ukuran 300 meter pun masih stabil, sedang prolink tidak support. Saya menggunakan server NOVEL 3.1, P-III 800 Mhz Ram 256 HDD 40 GB.

Bagi anda yang membaca artikel ini, sebaiknya sebelum membeli sebuah hardware carilah dulu informasi sebanyak-banyaknya, jangan tergiur dengan harga murah tapi hasil minimal dan tidak memuaskan. Harga dari kedua hub tersebut 50% jika 400 ribu di 3Com 200ribu di prolink. Bayar lah lebih jika kita yakin hasilnya maksimal

1 komentar:

MEDIA FATHUL KHOIR mengatakan...

Mo nanya Spesifikasi Kabel UTP sama HUB 3COM yang digunakan en harganya berapa...?